6 Keuntungan Daihatsu Ayla 2017

By | 23 September 2017

Setelah meninjau beberapa hal yang menjadi kelemahan Daihatsu Ayla, keunggulannya juga sangat tepat untuk dibahas. Apalagi setelah menjalani konser dengan Toyota Agya selama beberapa bulan, Ayla semakin membaik. Apakah mereka?
Ayla kembar Agya
Pilihan Dua Mesin
Mesin baru 1.2GR-VE 4-silinder 1.2 liter, merupakan jawaban Daihatsu terhadap kebutuhan mesin yang lebih bertenaga. Tenaga yang dihasilkan torsi 88 PS dan 108 Nm. Pilihan power supply tetap 5 kecepatan manual dan transmisi otomatis 4 kecepatan konvensional. Dengan teknologi Dual VVT-i, tidak hanya akselerasi lebih cepat yang ditargetkan, namun juga efisiensi bahan bakar tidak kalah efisien dengan mesin 3 silinder.
Mesin 1KR-DE lama masih ada untuk varian yang lebih murah. Mesin 1.0 liter 3 silinder ini direvisi dengan menambahkan teknologi VVT-i. Kekuatannya hanya 67 PS dan torsi puncak 89 Nm. Pilihan transmisi matik juga tersedia namun hanya tersedia dari tipe X.
Semua listrik
Pada saat ini bukan saatnya penggunaan power steering hidrolik. Electronic Power Steering (EPS), solusi yang paling akurat dan telah menjadi mobil standar saat ini. Di Ayla terbaru, Electronic Control Unit (ECU) pada EPS sedang menyesuaikan diri sampai bobot terasa lebih ringan.
Daihatsu Ayla 2017 02
Badan throttle juga tidak terhubung dengan pedal gas menggunakan kabel lagi. Mekanisme ini disebut Drive by Wire yang pengaturannya diproses oleh ECU juga. Distribusi daya menjadi lebih halus dan mengurangi efek menyentak selama akselerasi mendadak.
Getaran lebih cepat
Mesin 4 silinder ini jelas memiliki getaran lebih halus dari pada 3 silinder. Bahkan jumlah silinder, membuat keseimbangan baik saat gerakan piston.
Mesin Ayla
Sebaliknya 3 silinder, mau tak mau harus terjadi bila tidak teredam dengan benar oleh mesin mounting. Karena itu, pemasangan karet di Ayla terbaru diganti dengan bahan berkualitas lebih. Hasilnya, getarannya jauh berkurang pada mesin 3 silinder, kenyamanan juga meningkat.
Suspensi Lebih Stabil
Suspensi Ayla tak luput dari revisi. Caranya, set slamming sedikit lebih keras dari model sebelumnya. Pada tipe 1.2 juga ditambahkan batang penstabil yang menghubungkan suspensi belakang kanan dan belakang. Kontrol dampak lebih stabil di tikungan atau saat ngebut.
Tampilan Lebih Mewah
Khusus untuk varian tertinggi, Ayla 1.2 R Deluxe, desain paling sporty dengan body kit tertanam disekitar bodi. Wajahnya lebih ‘wow’ berkat lampu proyektor plus lampu pemandu LED dan Daytime Running Light (DRL)