Angka di balik Desain Revolusioner Toyota

By | 21 September 2017

Dia adalah Ian Cartabiano, perancang Amerika, yang bekerja sebagai chief designer di studio Toyota Calty Design Research Inc. di Amerika Serikat. Dari tangan pria berusia 43 tahun ini, tip khas desain bergaya California diukir di bodi mobil terbaru Toyota.
“Masa desain mobil yang membosankan sudah berakhir, inilah yang diminta Akio Toyoda, ketika seorang presiden mengatakan bahwa, ini semacam motivasi bagi desainer untuk menghabiskan semua kreativitas mereka secara bebas,” kata Cartabiano di markas Toyota seperti dikutip Carscoops.
Memang, Presiden Toyota Motor Corporation, pernah menyebutkan tidak ada lagi mobil Toyota yang terlihat membosankan. Awalnya dunia menganggap pendekatan ini hanya berlaku untuk Lexus, sub-merek premium kendaraan khusus Toyota. Ternyata, kata ini disadari benar, bahkan untuk mobil Toyota sekalipun.
Tengok saja disain desain atap crossover C-HR yang terhubung ke kaca belakang. Atau pinggang eksekutif eksekutif Camry seksi membuat jendela belakang mengikuti tikungan berikut pilar C.
Ian Cartabiano (2)
“Awalnya memang saya rasa keren kalau disain begitu .. Ah tapi tidak ada gunanya mereka tidak akan menjadikannya versi produksi Tapi kemudian tim engineering terbawa, bahkan rela pusing mencari cara bagaimana desain radikal bagaiamana. Itu bisa diterjemahkan menjadi nyata, “kata Cartabiano. Menurutnya, finalisasi desain pegangan pintu belakang Camry membutuhkan waktu hingga empat bulan. Dan Cartabiano hanya perlu satu menit untuk ‘bersenang-senang’ untuk menggambar sketsa Camry baru di balik selembar kertas yang tercetak dari buku hariannya.
“Saya sangat menghargai sesuatu yang baru, meski tidak sempurna.Meskipun desainnya tanpa catatan tapi terlihat normal, saya lebih suka ditantang daripada diam karena terlalu nyaman Dinamika yang terjadi selama proses normal,” kata Cartabiano. Tutup.