Debut Honda CR-V Hybrid di Frankfurt

By | 23 September 2017

Model ini, juga menandai pertama kalinya sebuah SUV Honda ditawarkan dalam pilihan mesin hybrid di dataran Eropa. Sebelumnya, CR-V Hybrid telah diperkenalkan ke pasar China, tepatnya di Shanghai Motor Show 2017.
CR-V Hybrid memiliki detail desain baru untuk membedakannya dari varian non-hybrid. Belum diketahui apa itu, karena masih merupakan prototipe, jelas ada emblem hibrida di fender dan di belakang sebagai penanda utama. Secara keseluruhan terlihat identik dengan CR-V yang beredar di Indonesia, karena merupakan model untuk pasar global.
Seperti mesin hybrid, daya hibrida CR-V Hybrid terdiri dari mesin bensin dan motor listrik. Sistem hybrid Honda kali ini, disebut sebagai i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive). Mesin yang dipilih berkapasitas 2.0 liter 4 silinder i-VTEC dengan metode siklus Atkinson. Seperti biasa, mesin bensin berfungsi sebagai kolektor energi listrik dan propulsi kendaraan. Dikombinasikan dengan jumlah tenaga dan torsi motor listrik, performa yang dihasilkan pasti bisa menyamai mesin turbo sekalipun. Sayang, Honda belum mengungkap spesifikasi mesin secara detail.
Secara umum, mobil hybrid tidak dipasangkan dengan transmisi konvensional. Di CR-V Hybrid, Honda menggabungkan dengan transmisi otomatis tanpa gigi yang memiliki rasio tetap. Transmisi model ini memiliki hubungan langsung dengan komponen penggerak, sehingga menghasilkan distribusi torsi yang lebih halus.
Sistem i-MMD, membantu menentukan penggunaan listrik dan bahan bakar yang paling efisien. Ada tiga mode mengemudi dari sistem ini: EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. Tapi pengemudi tidak lagi perlu mengatur atau memilih sendiri mode mengemudi karena sudah diatur oleh komputer sistem i-MMD.

Dalam mode EV Drive, tenaga penggerak sepenuhnya bertenaga dari baterai dan tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Dalam mode Hybrid Drive, mesin bensin memasok tenaga ke generator yang akan mengantarkan energi ke motor penggerak listrik. Dalam mode ini, kelebihan energi mesin bensin dialihkan ke generator untuk mengisi baterai. Dalam mode Engine Drive, roda ini digerakkan sepenuhnya dari mesin bensin, dengan model yang tersedia ‘boost’ melalui bantuan motor listrik untuk meningkatkan performa. Saat berkendara normal, mode mengemudi bekerja antara Hybrid Drive dan EV Drive untuk efisiensi maksimum. Mesin penggerak menyala saat dibutuhkan akselerasi lebih cepat dan saat jelajah di jalan raya.
Di Eropa juga tersedia mesin 1.5 liter CR-V VTEC Turbo, sama seperti di Indonesia. Namun ada pilihan transmisi manual 6 percepatan selain CVT. Adanya varian hibrida, Honda menegaskan tidak akan menjual mesin diesel di Eropa.