Fitur Mengulik Daihatsu Ayla 1.2

By | 23 September 2017

Persaingan yang semakin ketat di segmen Low Cost Green Car (LCGC), membuat Daihatsu harus melakukan perbaikan pada Ayla sehingga posisinya tidak terancam.
Kelahiran Daihatsu Sigra yang beruang mesin 1,2 liter baru 4-silinder ini berpaling jalan untuk varian mesin yang lebih besar di Ayla. Penambahan fitur juga perlu dilakukan karena saingan terdekatnya, Honda Brio Satya, memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki lawan.
Mesin Ayla
Kemudian lahirlah New Astra Daihatsu Ayla dengan memperkenalkan varian baru sebagai andalan di lini pembalap Toyota Agya ini. Varian Ayla 1.2, jadi jawaban atas permintaan konsumen akan kebutuhan mesin yang lebih bertenaga. Tidak hanya performa yang membaik, mesin 3NR-VE 4-silinder menawarkan getaran yang lebih halus dan kurang dari mesin 1.0 liter 1.6 liter RK-DE. Otomatis, kualitas berkendara juga meningkat. Karena getaran mesin 3 silinder biasanya tembus sampai kabin tidak terasa lagi.
Ouput memproduksi mesin Dual VVT-i untuk torsi 88 PS dan 108 Nm. Membawa bobot hanya 800 kilogram, tentu saja rasio power-to-weight yang dihasilkan lebih besar dari varian 1.0L. Tarikan mesin pasti lebih baik, meski bukan karakter kencang yang ingin ditanamkan mesin ini. Kapasitas yang lebih besar dan teknologi yang lebih canggih, juga bertujuan untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Performa mesin yang lebih ringan bisa menggulung mobil, sehingga bisa lebih efisien dibanding mesin 3 silinder.
Ayla kembar Agya
Mesin 1,2 liter mulai ditemukan di tipe Ayla X. Jadi tipe X terbagi menjadi dua pilihan mesin, 1.0 liter dan 1.2 liter. Tapi belum tentu memiliki fitur yang sama persis. Kelengkapan antara Ayla 1.0 X dan Ayla 1.2 X terhitung jauh berbeda. Sebenarnya ada beberapa fitur pada tipe 1.0 X yang tidak ada di 1.2 X, dan sebaliknya.
Seperti lampu kabut, cermin sisi elektrik 2DIN dan elektrikal tidak dimiliki oleh Ayla 1.2 X. Sebaliknya, Ayla 1.2 X lebih stylish daripada lampu utama proyektor dengan lampu posisi LED, model gril dan bumper yang berbeda dan desain pelek baru. Fitur keselamatan juga termasuk airbag ganda, side impact beam, stabilizer pada suspensi belakang dan immobilizer.
Baru Astra Daihatsu Ayla (11) -013
Jenis Ayla 1.2 R menawarkan kelengkapan yang paling lengkap. Tampilan luarnya diberi kesan mewah melalui ornamen krom di bumper depan. Selain itu, sudah ada lampu kabut dan siang hari (DRL), begitu juga dengan setting cermin listrik. Headun monitor layar sentuh dengan koneksi Bluetooth sudah ada. Variasi tertinggi Ayla 1.2 R Deluxe hanya menambahkan aksesoris pendukung seperti aerokit depan dan belakang, stiker di samping dan jangan lupa aksen krom. Harga Ayla 1.2 mulai dari Rp 125,25 juta hingga Rp 146,25 juta.