Honda HR-V 1.8L: Mengejar Kinerja Dan Prestise

By | 23 September 2017

Dengan platform Honda Jazz, HR-V sudah mumpuni. Dua pilihan mesin, kabin dengan pengaturan kursi yang fleksibel, serta fitur bawaan bawaan, membuatnya lebih unggul dari pesaingnya. Tapi yang menarik perhatian, mesin HR-V 1,8 liter. Hanya saja dia dilengkapi dengan mesin seukuran ini di kelasnya.
Carrying Prestige dan varian Mugen, kasta tertinggi di lineup Honda, jika tidak ada edisi spesial. Perbedaan? Tampilan luar Versi Mugen menggunakan bodykit Mugen (tentunya).
Resmi HR-V 1.8L Prestige Rp 377 juta, sedangkan versi Mugen dibanderol Rp 403 juta.
Mesin
Seperti yang dikatakan sebelumnya, hanya HR-V yang disuplai 1,8 liter di kelas kompak Crossover. Tapi yang seharusnya menjadi sorotan, mesin ini bukan barang baru saat HR-V diluncurkan beberapa tahun lalu.
MEsin Honda HR-V
Mesin yang ada di kap mesin HR-V berkapasitas 1,8 liter, mirip dengan Honda Civic generasi delapan sampai sembilan (2006-2016). Kode mesin R18 dengan teknologi i-VTEC bertenaga 139 PS. Melihat performa itu, kami menutup mata tentang mesin ini yang masih SOHC.
Toh, setelah mencobanya, menurut kami HR-V 1.8, SUV Honda itu asyik. Lebih Oke dari CR-V Turbo? Hmm, bisa jadi. Turbo CR-V tetap mengutamakan kenyamanan. Tapi HR-V 1.8 terasa asyik mengendarai mobil karena gesit, mesin responsif tanpa basa-basi dan transmisi CVT biasanya sopan, untuk beberapa alasan terasa lebih responsif.
Alat kelengkapan standar
Pastinya sebagai varian tertinggi, baik Prestige maupun Mugen dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membuat pengemudi bangga.
Hampir semua varian HR-V dilengkapi dengan tombol start-stop untuk memutar mobil. Jadi ini bukan sesuatu yang spesial di HR-V. Begitu juga dengan kontrol sentuhan lembut model AC. Namun, bahan kulit yang bisa ditemukan melilit di jok, roda gigi dan lingkar kemudi HR-V Prestige, dengan dashboard dual color (hitam dan gading). Ada juga rem tangan elektrik. Dan jangan lupa sunroof. Hanya varian 1.8L saja.
Rem tangan HR-V
Di bagian tengah dasbor, layar terpampang berukuran 8,0 inci diposisikan seakan mengapung di depan dasbor (apung). Objek ini bisa memutar berbagai media mulai dari radio, bluetooth, navigasi, hingga memutar film berkualitas HDMI. Mesin HR-V 1,5 liter tidak memiliki fitur ini dan monitor berukuran lebih kecil satu inci.
Bahkan pada van Vien HR-V 1.8, Honda menyediakan sistem audio yang lebih canggih dengan delapan speaker 120 watt.
Paddle shifter, untuk menggerakkan roda gigi secara manual juga sebenarnya tersedia di hampir semua varian. Tapi di Prestige, dengan mesinnya yang lebih besar dan bertenaga, membuat berkendara lebih menyenangkan, terutama bagi mereka yang terpikat adrenalin.
Demi keamanan, Honda melengkapi HR-V Prestige dan Mugen dengan fitur Airbag. Dua di depan, sepasang kantung udara tirai, dan sepasang airbag samping untuk bagian depan