Memperkenalkan, Suzuki Swift Sport terbaru!

By | 23 September 2017

Dikutip dari situs resmi Suzuki Eropa, Swift Sport 2018 mengadopsi platform HEARTECT. Dengan menggunakan platform baru, Suzuki Swift Sport mengklaim lebih ringan 80 kg dari generasi sebelumnya. Artinya, bobot mobil hanya 970 kilogram, dan bisa dikatakan paling ringan di kelas mobil hatchback.
Suzuki-Swift_Sport-2018-1024-01
Selain dibuat dengan platform baru, pesaing Ford Fiesta ST dan Ford Yaris GRMN terlihat, juga mendapat penyegaran. Seperti desain kisi-kisi dan lampu yang lebih modern. Sisi rok dan diffuser belakang juga berubah. Ditambah lagi, untuk lebih menampilkan kesan dan rasa kontrol yang lebih sportif, Suzuki melengkapi pelek ukuran 17 inci.
“Kami tahu pelanggan menyukai kendaraan yang diciptakan secara dinamis di atas segalanya, jadi kami menghadirkan Swift Sport yang lebih ketat, ringan, sporty dan nyaman digunakan setiap hari,” kata Masao Kabori, chief engineer Suzuki Swift Sport.

Generasi ketiga Swift Sport, mengadopsi mesin turbo yang lebih hemat bahan bakar. Mesin yang digunakan, Boosterjet berkapasitas 1,4 liter, mengganti mesin 1.6 liter pada generasi sebelumnya. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Vitara. Tenaga maksimal mencapai 140 PS pada 5.500 rpm dan torsi 230 Nm pada 2.500-3.500 rpm. Kekuatannya naik 4 ps, sementara torsi meningkat 10 Nm dibanding sebelumnya.
Selain eksterior dan mesin, Suzuki juga memberikan update di interior. Seperti penggunaan kursi sport semi bucket, juga beberapa aksen baru seperti aksen krom pada kenop pintu, pedal dan tuas transmisi.

Hiburan dipusatkan di layar sentuh tujuh inci, yang bisa dihubungkan dengan Bluetooth, music streaming, plus Apple CarPlay dan Android Auto.
“Ini adalah Swift Sport terbaik dan paling agresif yang pernah kami buat – ini adalah hasil masukan konsumen yang ingin mengendarai mobil yang menyenangkan dan menghibur,” Toshihiro Suzuki, Presiden Direktur Suzuki Motor Corporation mengatakan dalam sebuah siaran pers.
Untuk harga, Suzuki yang baru dirilis pada 2018, dijual seharga £ 16.000 atau setara dengan Rp 253 juta. Sementara di negara asalnya, Jepang, mobil tersebut dijual mulai 1.836.000 yen atau setara dengan Rp 223 juta menjadi 2.050.920 yen atau sekitar Rp 249,16 juta.