Nama Paten Toyota Paten, Pengganti 86?

By | 21 September 2017

Toyota tidak mengatakan apa-apa. Kecuali mereka sedang menyiapkan deretan mobil sport baru, di mana ada Toyota Supra, yang sedang dikembangkan dengan BMW. Dan melihat Toyota 86 yang sudah mulai menua, maka tidak mungkin pengganti Celica yang kemudian dinamai.
Rasanya wajar kalau Toyota menggunakan nama Celica kembali. Sportscar memiliki kesamaan karakter dengan Toyota 86. Penggerak roda belakang paling signifikan. Sebelum beralih ke depan dan mobil 4WD pada akhir 1985, Celica dikenal sebagai mobil yang gesit dan mudah dikendalikan. Toyota mengungkapkan hal ini di ajang reli dunia, WRC. Berjuang bersama Lancia, Peugeot, Opel dan sebagainya.
Toyota 86 facelift
Akankah namanya Celica?
Itulah yang diberikan oleh Toyota 86. Penggerak roda belakang mobil sport ini mudah dikendarai, lincah dan asyik. Tapi kalau Celica dilengkapi dengan mesin legendaris seperti 4AG, 3S-GTE, 2T-G dan lain-lain. Sementara itu, Toyota 86 dikembangkan bersamaan dengan Subaru, mengandalkan mesin boxer 4 silinder. Itulah salah satu resep mengapa 86 bisa melakukan penanganan yang luar biasa.
Mesin ini memiliki piston yang bergerak menyamping alias tidur, tidak berdiri seperti pada kebanyakan mesin. Dua piston bergerak ke kiri, sisanya ke kanan. Dan ya, cara yang sama dipeluk oleh mesin VW klasik. Oleh karena itu, mesin memiliki bentuk yang lebih rendah, sehingga bobotnya bisa turun. Kemudian mobil memiliki kontribusi yang lebih baik terhadap kestabilan saat bermanuver.
Sejauh ini, beberapa media luar negeri telah mengkonfirmasi bahwa generasi 86 Toyota 86 diperkenalkan paling cepat di tahun 2019. Namun tanpa ada konfirmasi apakah masih mengusung nama 86. Dan seperti sebelumnya, apakah Toyota masih berkolaborasi dengan Subaru, terutama mesinnya. Di dunia, setelah VW mematikan mesin ‘tidur’, tetap Subaru masih memasarkan mesin seperti ini.