Pilih Daihatsu Ayla atau Honda Brio Satya?

By | 23 September 2017

Seperti yang terjadi pada Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya. Pertama kali Ayla diluncurkan, fitur keselamatan dan keamanan sangat minim. Namun dalam versi facelift, telah meningkat pada kualitas berkendara dan banyak fitur baru. Honda Brio Satya juga. Awalnya tidak memiliki varian transmisi otomatis. Satwa baru Brio Satya yang meluncur tahun lalu, mendapat muka depan berubah dan ada pilihan transmisi CVT.
Ayla kembar Agya
Kedua mobil ini merupakan pilihan menarik di kelas LCGC dengan kisaran harga sekitar Rp 150 juta. Jenis yang paling sebanding, varian tertinggi Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT dengan harga Rp 146,25 juta. Atau Honda Brio Satya E CVT sedikit lebih mahal, Rp 151,5 juta. Pilih yang mana?
Pilih Daihatsu Ayla jika Anda lebih peduli dengan akomodasi kabin yang lebih lapang, kepadatan kabin yang sedikit lebih baik dan lebih gimmick. Masalah kabin yang luas lebih unggul dari Ayla daripada Brio. Lima orang dewasa bisa duduk nyaman dengan ruang kaki dan masih banyak kepala yang tersisa. Bagasi juga, jauh lebih luas dari Brio yang sangat sempit. Jika punya keluarga dan sudah punya anak yang sering bepergian dengan barang banyak, Ayla lebih tepat.
interior Ayla
Soal kualitas bahan buatan dan bahan yang digunakan, keduanya sama dan memang harganya. Ayla memiliki fitur baru yang belum pernah ada di kelas ini sebelumnya. Yakni headunit model monitor layar sentuh dengan fitur lengkap, termasuk koneksi Bluetooth. Pengaturan juga bisa dilakukan lewat tombol di atas roda, sama seperti Brio Satya. Tapi headunit Brio hanya normal 2DIN dengan fitur standar saat ini.
Ayla juga memiliki desain yang lebih segar dari pada Brio. Total facelift di bagian depan dan belakang, membuat penampilan Ayla terlihat lebih berani dan atraktif. Terutama dari penggunaan lampu proyektor yang lengkap dengan lampu LED position dan Daytime Running Light (DRL). Body kit dan model bumper belakang yang agresif, ia ingin menonjolkan kesan sporty. Sementara Brio Satya terlihat polos dan menjadi tua karena sudah ada sejak 2012. Perubahan eksterior hanya terjadi pada desain bumper depan, pelek dan lampu belakang. Untungnya dashboard sudah menggunakan desain terbaru seperti Mobilio. Kualitas buatan sendiri juga lebih baik dari sebelumnya.
Kelengkapan Brio Satya
Kami sangat menyarankan memilih Brio Satya E CVT untuk Anda yang suka mengemudi sendiri dan menekankan kenikmatan berkendara. Berawal dari posisi jok pengemudi yang lebih solid dibanding Ayla. Kursi yang lebih rendah dan lebih ergonomis, plus tilt steering arrangement agar lebih sempurna. Mesin L12B-nya terasa kuat dari mesin 3NR-VE Ayla, meski di atas kertas perbedaan outputnya sangat tipis. Transmisi memainkan peran penting dalam hal kinerja. Brio lebih maju dengan menerapkan CVT yang lebih efisien dan efektif untuk menyalurkan tenaga. Sementara Ayla, masih mengandalkan automatic automatic 4-speed yang masih menghasilkan banyak powerloss.
Brio Satya 4
Mengemudi rasa keduanya cenderung bertentangan. Ayla lebih lembut dan nyaman sehingga berdampak besar pada tubuh roll, hingga tidak menyenangkan. Brio lebih rigid dan ground clerancenya rendah, namun mengusung karakter gen Honda sporty. Satu hal lagi lebih baik memilih Brio. Karena fitur fitur keamanan ABS + EBD yang belum dimiliki oleh Ayla tertinggi sekalipun.