Pilih Festive Variant Daihatsu Ayla atau Toyota Agya?

By | 23 September 2017

Dikatakan bahwa ini disengaja menambah kekuatan membenturkan di segmen yang semakin ramai. Berasal dari induk yang sama, secara konstruktif dan mekanis, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya adalah mobil sejenis. Dengan demikian, sulit menentukan pilihan yang tepat diantara keduanya. Agar lebih fair, kami memasangkan varian tertinggi Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe A / T seharga Rp 146,25 juta dan Toyota Agya 1.2 G A / T TRD seharga Rp 152,4 juta.
Ayla baru diluncurkan
Agya selalu lebih mahal dari Ayla, begitu juga Calya dengan Sigra dan Avanza dengan Xenia. Mesinnya sama-sama 3NR-VE 4-silinder 1.2 liter yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 4 kecepatan konvensional. Meski mobil hampir identik satu sama lain, mereka tetap memiliki kelebihan sendiri yang bisa membuat pilihan Anda.
Tampilan Ayla terbaru tampil lebih mewah dari pada Agya. Bisa dinilai dari ornamen lebih krom, serta aero kit lengkap dengan stiker di samping untuk memberi kesan sporty. Desain depan lebih lentur dengan perombakan bemper lengkap yang menggabungkan lampu utama proyektor. Di dalamnya ada lampu posisi LED yang dibuat seolah-olah satu dengan grille, termasuk Daytime Running Light (DRL) dan fog lamp.
Tidak seperti Agya TRD, desain terbaru lebih sederhana dari Ayla. Sebagai varian tertinggi, body kit juga disematkan untuk memberi aura sporty. Perubahan terbesar bisa dilihat dari desain kisi-kisi dan rumah lampu kabut baru. Cahaya utama juga merupakan model proyektor dan ada lampu posisi LED juga. Sementara bagian belakang, hampir tidak ada yang berbeda antara keduanya.
Toyota Agya test drive (9) -007
Pada dasarnya, interior Ayla R Deluxe dan Agya TRD juga persis sama. Namun, bisa dibedakan dari headunit sebagai alat hiburan bagi semua penumpang. Ayla menggunakan monitor layar sentuh yang membuatnya lebih mewah. Sedangkan Agya biasa saja karena masih model 2DIN. Padahal fitur yang sama, salah satunya sudah memiliki koneksi Bluetooth. Setting juga memudahkan berkat saklar kemudi audio.
Ada satu fitur yang ada di Agya namun tidak dimiliki oleh Ayla, Anti-lock Braking System (ABS). Fitur penting yang seharusnya sudah standar di mobil hari ini. Ya, Daihatsu tidak memberikan fitur untuk mencegah roda terkunci ini melintasi varian Ayla. Toyota hanya memasukkannya ke tipe tertinggi Agya saja. Kelebihan untuk Agya, karena lebih memperhatikan keselamatan berkendara. Jadi, yang mana? Harga lebih murah dengan headunit layar sentuh, atau perangkat ABS?