Pilih Nissan Grand Livina Atau Daihatsu Xenia?

By | 23 September 2017

Soal mesin, Xenia jelas hilang. Xenia awalnya dijual di dua pilihan mesin, yakni 1.0 liter dan 1.3 liter. Mesin 1.0 liternya sama persis dengan mesin Ayla, city car dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Namun Xenia dengan mesin ini, secara resmi berhenti berproduksi setelah kedatangan Sigra, LCGC Daihatsu lainnya berpenumpang 7 orang.
livina lebih bertenaga dibanding xenia
Sisa mesin 1.3 liter Dual VVT-I bertenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Output Xenia tidak sebanding dengan performa mesin Grand Livina dengan kapasitas lebih besar. Saat ini, Nissan Grand Livina dijual menggunakan mesin 1.0 liter 1.0 liter yang kuat pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 143,1 Nm pada 4.000 rpm. Bahkan di awal kedatangan Grand Livina, mobil tersebut dijual dengan pilihan mesin 1,8 liter. Sayangnya tipe ini sudah tidak diproduksi lagi.
Begitu juga untuk urusan transmisi. Xenia tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni 5 kecepatan manual dan otomatis 4 percepatan. Sementara itu, Grand Livina sedikit lebih modern dengan pilihan transmisi otomatis model CVT (Continuous Variable Transmission). Tentu pilihan manual 5-speed manual juga disediakan.
Fitur hiburan
Fitur kedua dari mobil, itu bukan yang terbaik di kelasnya. Maklum, keduanya bukan yang termuda. Biasanya mobil yang lebih baru hadir dengan fitur yang lebih lengkap untuk menggoda konsumen, seperti tombol start-stop dan sebagainya. Jadi bisa disebut fitur non-garansi dari nilai utama Grand Livina dan Xenia.
Kelengkapan fitur livina dan xenia
Kami berbicara varian tertinggi, Xenia type R Sporty dilengkapi headunit layar sentuh 2-DIN dengan fungsi GPS (Global Positioning System), konektivitas AUX dan USB. Layar audio bisa menampilkan kamera parkir. Namun sayang, roda kemudi belum disematkan tombol pengaturan audio.
Sementara Grand Livina HWS Autech memakai head unit layar sentuh 7 inci, fitur sedikit lebih lengkap. Pasalnya, sudah ada fitur mirroring yang bisa mensimulasikan tampilan smartphone dan mengoperasikan sejumlah aplikasi di dalamnya. Layarnya mampu menampilkan gambar yang ditangkap oleh kamera parkir. Hanya saja, fitur navigasi belum terintegrasi pada sistem multimedia Grand Livina. Namun di Grand Livina HWS Autech, audio bisa dioperasikan melalui tombol di setir. Bahkan setir pun terbungkus kulit! Nissan juga menambahkan monitor atap 10 inci untuk penumpang belakang Grand Livina. Bagaimana bisa? Disini kita jelaskan di bawah ini.
Kenyamanan Dan Kepraktisan
Banyak yang mengenali Grand Livina merasa lebih nyaman dibanding MPV kecil lainnya yang ada di pasaran saat ini. Mungkin, karena Grand Livina memiliki ground clearance terendah dibanding kompetitor lainnya. Jarak antara permukaan jalan dengan dasar mobil yang tidak terlalu tinggi, membuat mobil lebih banyak menelusuri aspal dan gejalanya yang minim minim. Bantal suspensi kualitas juga mendukung redaman. Namun akibatnya, Grand Livina sudah berlayar yang tidak sebagus pesaingnya. Karena pengemudi harus lebih diperhitungkan saat melewati jalanan dan saat menumbuk genangan air.