Pilih Suzuki Baleno atau Toyota Yaris?

By | 21 September 2017

Mengacu pada data penjualan yang dirilis Gaikindo Agustus 2017, Baleno menjual 513 unit dan 675 unit Yaris. Sebagai pemain baru, angka itu cukup bagus untuk Baleno. Bukan tidak mungkin Baleno bisa menyamai penjualan Yaris.
Jadi apakah Baleno lebih baik dari Yaris? Dimana memilih? Baleno atau Yaris? Jawabannya ada disini
Suzuki Baleno 2017 di GIIAS 2017
Kami melihat lagi nilai lebih dari Suzuki Baleno. Kami mengulasnya di sini. Keuntungan pertama dari hatchback Baleno, harga yang relatif miring. Harga Suzuki Baleno hatchback transmisi otomatis Rp 207,5 juta. Yaris lebih mahal, varian termurah tipe E dengan transmisi CVT berharga Rp 244,2 juta. Dari titik harga cukup meyakinkan agar Baleno layak dipinang.
Kelengkapan Baleno tidak bercanda, meski harganya miring. Misalnya dari luar, Baleno sudah memiliki lampu proyektor, siang hari, lampu kabut dan lampu belakang kombinasi LED. Peleknya juga memiliki velg alloy 16 inci Yaris E yang masih 15 inci. Selain itu, masih ada keyless entry dan tombol start / stop untuk memudahkan akses. Tipe Yaris E sebagai bagian bawah tidak memiliki fitur itu.
Dashboard Baleno baru
Berbicara tentang kabin, Baleno dan Yaris menawarkan kabin dan koper yang luas tidak jauh berbeda. Dari data yang ada, dimensi panjang dan jarak sumbu Yaris lebih unggul dari Baleno. Panjang Yaris adalah 4.115 mm dan jarak interporo roda 2.550 mm. Baleno memiliki panjang 3895 mm dan jarak sumbu jarak 2520 mm.
Fitur Baleno lainnya: Headunit audio 2DIN dengan konektivitas dan kontrol Bluetooth dari batang kemudi dan pengkondisian suhu kabin yang telah mendukung pengendalian iklim. Sekalipun sistem hiburannya kurang, ingin menggunakan model layar sentuh, Suzuki menjualnya secara terpisah atau bisa diganti dengan brand aftermarket. Sesimpel itu.
Yaris TRD Sportivo
Fitur keselamatan yang paling penting, juga tidak ditinggalkan oleh Suzuki. Baleno hatchback memiliki dua kantong udara di depan, empat sensor parkir terbalik dan rem dengan ABS + EBD. Sistem rem Yaris sedikit lebih lengkap dengan tambahan BA.
Di atas kertas, kinerja Baleno yang telah ditransformasikan menjadi hatchback memang masih di bawah Yaris. Tapi bila digunakan tidak terasa jauh berbeda kinerjanya. Baleno mengusung mesin VVT 1.4 liter bertenaga 92 PS dan torsi 130 Nm. Yaris 1,5 liter dual VVT-i bertenaga 107 PS dan torsi 140 Nm.
interior Yaris
Kesimpulannya mudah, mengesampingkan nama merek di belakangnya, Baleno lebih berhak memilih tipe Yaris E. Bahkan jika dibandingkan dengan tipe G Yaris atau TRD yang jauh lebih lengkap, Baleno masih lebih unggul dari nilai fitur. dibandingkan harganya.