Pro dan Kontra Daihatsu Xenia

By | 23 September 2017

Karena dua pendatang baru, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Segmen ini identik dengan Toyota Avanza, yang selama ini selalu menjadi raja penjualan mobil di Indonesia selama lebih dari 13 tahun. Tapi jangan lupa saudara kembarnya, Daihatsu Xenia.
Meski kedatangan pendatang baru, Xenia masih menjadi salah satu MPV 7-seater terlaris di Indonesia pada Agustus 2017. Selama bulan tersebut, Xenia menjual 3.304 unit. Total Xenia menyumbang 19% penjualan Daihatsu di Indonesia selama periode Januari-Agustus 2017. Apa kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia?
Xenia kembali berada di posisi tiga penjualan nasional
Keuntungan
Harga menjadi keunggulan utama Xenia dibandingkan kompetitornya di Indonesia. Xenia termurah dijual seharga Rp 180,5 juta dan Rp 215,1 juta. Bandingkan dengan Xpander varian paling mewah yang terjual Rp 245,3 juta. Awalnya Xenia menjadi MPV termurah MPV (MPV Biaya Rendah Hijau) di Indonesia. Tapi itu sebelum kedatangan Wuling Confero. Confero menggoda fitur yang melimpah dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp 128,8 juta – Rp 165,9 juta.
Meski bukan yang termurah, namun Xenia memiliki kelebihan dibanding pesaingnya. Yaitu daya tahan dan efisiensi bahan bakar tidak diragukan lagi kemampuannya. Berbeda dengan kompetitor baru yang belum teruji, mobil ini sudah banyak di Indonesia sejak 2004 dan dikenal hemat bahan bakar. Hingga akhir tahun ini, Daihatsu juga menyediakan 235 dealer penjualan dan purna jual di seluruh Indonesia untuk pelanggan Daihatsu. Hampir semua bengkel umum mampu memperbaiki dan merawat mobil ini. Suku cadangnya tidak sulit ditemukan karena bisa berbagi komponen dengan saudaranya, Toyota Avanza dan sudah banyak non-original awalnya membuat sparepart yang beredar.
Selain itu, Daihatsu juga menyediakan sejumlah ornamen untuk menarik konsumen Daihatsu. Misalnya, di luar terinstal lampu Running Lights (DRL) Day-time. Lampu aksesori pada gagang pintu juga terpasang pada tipe Xenia tertinggi. Di bagian dalam, Xenia mendukung head unit audio layar sentuh 2-DIN yang memiliki fungsi navigasi GPS (Global Positioning System).
Faktor keamanan mobil ini dilengkapi dengan dual SRS Airbag dari tipe termurah. Sensor depan depan parkir, kamera parkir, pengingat sabuk pengaman dan kunci immobilizer.
Harga Xenia
Kekurangan
Sayangnya fitur pengamannya tidak dilengkapi rem ABS ABS (Anti-lock Brake System). Fitur keselamatan aktif ini cukup penting mengingat banyak pesaingnya sudah menggunakan fitur ini termasuk adiknya, Avanza.
Tapi itu bukan kelemahan utama Xenia, tapi mesinnya. Daihatsu Xenia menggunakan mesin 1.3 liter bertenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini adalah yang terkecil diantara pesaingnya. Mayoritas pemain di segmen ini menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter kecuali Suzuki Ertiga 1,4 liter. Meski daya tahan mesinnya tidak diragukan lagi, namun pada situasi tertentu mesin bertenaga bisa lebih andal.
Fitur yang ada di kabin Xenia juga sangat minim. Awalnya kami pikir mungkin karena harganya yang murah. Namun ternyata, Wuling Confero yang dijual lebih murah mampu memiliki fitur lengkap seperti tombol pengatur audio, stopkontak USB hingga jok baris ketiga dan banyak lainnya.