Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

By | 23 September 2017

Tapi bukan berarti kualitas dan posisinya di bawah Swift. Di India, misalnya, Baleno hatchback dipasarkan sedikit lebih mahal dan memang posisinya lebih tinggi dari Swift. Namun dipastikan, keduanya memiliki target market yang berbeda meski berbeda. Jadi lebih baik pilih Baleno atau Swift? Kami melihat perbandingannya.
HARGA
Harga-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift
Harga hatchback Baleno lebih murah dari Suzuki Swift. Hanya ada dua varian dengan pembeda transmisi manual dan otomatis. Baleno GL MT ini dibanderol dengan harga Rp 195 juta sedangkan Baleno GL AT Rp 207,5 juta. Harga Swift MT GX Rp 211,5 juta dan Swift GX Rp 220,5 juta. Swift memiliki varian GS yang lebih lengkap namun harganya juga lebih tinggi dari varian GX.
UKURAN
Dimensi-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift
Dimensinya, Baleno sedikit lebih panjang dan lebih lebar dari Swift. Tingginya sama, namun jarak ground clearance yang lebih tinggi dari Baleno adalah 170 mm, Swift hanya 140 mm. Jarak sumbu Baleno juga lebih panjang dari Swift. Dengan itu, Baleno menawarkan ruang kabin yang lebih nyaman dan barang yang sedikit lebih lapang.
KINERJA

Performa-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift
Masalah mesin keduanya seimbang. Keduanya menggunakan K14B 1,4 liter VVT namun Swift power sedikit lebih besar. Baleno menghasilkan tenaga maksimum 93 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm. Swift bertenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Keduanya memiliki pilihan transmisi manual 5-speed atau 4-speed automatic konvensional. Tidak seperti di India yang sudah menggunakan transmisi CVT.
FITUR
Untuk urusan eksterior, Baleno dilengkapi dengan lampu proyektor HID yang dipasangkan dengan lampu penerangan dan lampu kabut. Pelek yang sudah 16 inci dan ornamen krom ditemukan di beberapa bagian eksterior sebagai pemanis. Sementara Swift tidak menonjolkan krom sebanyak Baleno. Swift juga menggunakan velg alloy 16 inci. Soal pilihan warna bodi, Baleno yang diunggulkan dengan enam pilihan warna Swift hanya empat pilihan.
Di dalam kabin, keduanya menawarkan skema yang sama dengan warna hitam yang mendominasi. Menariknya, kedua mobil sudah menggunakan tombol tanpa kunci dan tombol start / stop untuk menyalakan atau mematikan mesin.
Di sektor hiburan keduanya juga seimbang. Keduanya menggunakan headunits audio 2DIN dengan berbagai tombol akses dan konektivitas dari setir. Cukup disayangkan karena belum ditawari layar sentuh sebagai infotainment bawaan.
Fitur keselamatan, masing-masing memiliki kelebihan. Baleno memiliki empat titik sensor parkir belakang dan ISOFIX, sementara Swift dilengkapi rem cakram pada keempat rodanya. Selain itu, ada dua airbag depan dan rem dengan ABS + EBD yang standar pada kedua mobil tersebut.
KESIMPULAN
Kedua fitur serupa, meski kinerjanya tidak berbeda. Menyisihkan selera desainnya, jelas baleno hatchback yang lebih unggul. Karena harganya yang lebih murah, Baleno hatchback menawarkan apa yang dimiliki Swift plus kabin yang lebih lapang.