Tahu Lebih Dekat dengan Variasi Terang Honda Jazz Terendah

By | 23 September 2017

Jazz generasi ketiga (GK5) hanya memiliki 2 varian, begitu pula versi facelift. Ada New Jazz dengan label S sebagai varian turun dan New Jazz RS. Pilihan transmisi terdiri dari 5 kecepatan manual dan CVT. Varian tertinggi Jazz RS CVT selalu mendominasi total penjualan Jazz di segmen hatchback.
Konsumen lebih melirik varian RS tertinggi karena lebih sporty disamping fitur lengkap. Harga termurah Jazz dibanderol Rp 232,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 242,5 juta untuk CVT. Ada cukup mencolok perbedaan hingga Rp 30 juta dengan Jazz RS, sehingga menjadi menarik untuk mengupas Honda Jazz S. Karena memiliki fitur standar yang tak kalah lengkap dengan akomodasi dan fleksibilitas kabin tetap sama.
Honda Jazz generasi ke-3
Tampilannya lebih polos dibanding Jazz RS tanpa body kit pun menambah bodi, spoiler belakang dan desain bumper berbeda. Penggunaan pelek 15 inci, memberi efek lebih banyak tangga kaki. Cahaya utama masih menjadi model halogen dengan bohlam biasa. Berbeda dengan Jazz RS yang sudah menerapkan Full LED. Tapi lampu belakang Jazz S adalah LED seperti RS.
Interiornya juga terlihat lebih simpel. Menghidupkan mesin masih menggunakan kuncinya, tidak seperti RS yang menggunakan tombol start-stop engine. Pengaturan AC terlihat ‘sekolah tua’ dengan model tombol putar. Di atasnya ada monitor layar sentuh 6,2 inci dengan fitur standar dari ukuran unit head saat ini. Namun tidak ada koneksi Bluetooth, HDMI port dan koneksi smartphone seperti di RS. Selain itu, tidak ada tombol pengatur audio untuk memudahkan pengaturan head unit dan balutan kulit pada setir dan tuas transmisi.
Sektor penggeraknya tidak berubah dan bedanya dengan Jazz RS. Masih percaya pada keandalan mesin 1.5mm SOHC I-VTEC L15A 4 silinder, untuk tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Tawaran transmisi tersedia manual 5 kecepatan dan CVT. Namun, sensasi mengendarai CVT tidak akan semudah dan nyaman seperti RS, karena tanpa dayung bergeser di belakang kemudi dan tidak dilengkapi dengan cruise control.
Apalagi fitur keamanan dan keamanan standar pun tidak berbeda. Sistem pengereman ada ABS + EBD dan Brake Override System. Dan masih ada dual SRS airbags serta ISOFIX dan Tether. Menyesuaikan posisi mengemudi dibuat lebih mudah dengan tilt dan telescopic steering, selain penyesuaian tinggi kursi. Ultra Seat pasti tersedia untuk mengatur konfigurasi tempat duduk sesuai kebutuhan. Fitur ini merupakan plus Jazz yang terkenal sebagai hatchback dengan akomodasi kabin terbaik.