Tips Membeli Mobil Bekas

By | 23 September 2017

Memilih mobil bekas bisa dikatakan sulit. Bisa dilihat dari tampilan luar terlihat mulus namun ternyata setelah digunakan ada beberapa kerusakan. Bukanya bisa harganya murah, tapi harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki mobil. Karena ke depannya sangat dituntut untuk membeli mobil bekas.

Untuk membeli mobil bekas sekarang bisa dikatakan sangat mudah. Ini karena informasinya sangat mudah didapat seperti melalui jejaring sosial atau situs trading online disamping datang langsung ke delaer mobil bekas. Karena Anda ingin membeli mobil bekas yang notabene sudah digunakan orang lain sebelumnya maka hal yang harus Anda ketahui adalah semua informasi yang berkaitan dengan mobil. Berbeda jika membeli mobil baru yang kondisinya dijamin oleh setiap pabrikan. Nah untuk itu disini saya akan memberikan sedikit tip untuk anda yang akan membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Cari tahu harga mobil yang akan Anda beli

Agar tidak tertipu oleh penjual maka hal ini harus Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas. Penjual bisa saja menjual mobilnya sebanyak yang dia bisa. Jika Anda tidak tahu harga pasar, maka Anda bisa – bisa ditipu habis-habisan. Untuk mengetahui informasi tentang harga mobil yang ingin Anda beli Anda bisa mengecek di situs jual beli, tanya teman, baca iklan di koran dan banyak lagi.
2. Bersabarlah

Untuk mendapatkan kualitas mobil bekas dengan harga yang relatif murah kuncinya adalah bersabar. Temukan sebanyak mungkin informasi tentang mobil bekas yang ingin Anda beli. Setelah mendapatkan cukup informasi maka anda membandingkan keduanya dari segi harga dan kondisi.
3. Jangan percaya langsung dengan penjual

Jika Anda membeli dari makelar barang tidak, Anda seharusnya tidak langsung percaya apa yang dia katakan. Terkadang penjual hanya bercerita tentang sisi positif atau kelebihanya tanpa menyebutkan yang negatif tentang mobil. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan beberapa penjual juga jujur ​​soal kondisi mobil bekas yang ia jual. Intinya anda harus memeriksanya sendiri secara langsung. Jika Anda tidak tahu tentang mobil harus mengundang teman yang ahli atau berpengalaman di lapangan.

4. Periksa kondisi tubuh mobil

Cek mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat bergaris (ada satu bagian warna atau kecerahanya yang berbeda). Jika ditemukan dalam kondisi seperti itu kemungkinan mobil tersebut telah dicat ulang karena disikat atau bertabrakan dengan kendaraan lain. Rasakan juga dengan sentuhan jari jika ada yang bergelombang atau tidak.
5. Periksa Kondisi Mesin

Buka kap dan periksa secara visual jika ada kebocoran dari minyak pelumas dan pendingin.
6. Lakukan Test Drive

Bila Anda ingin membeli mobil bekas cobalah melakukan test drive. Lakukan dengan berbagai cara dan rasakan. Dengan test drive ini setidaknya bisa mendeteksi jika terjadi kerusakan.
7. Periksa kelengkapan dokumen

Mintalah penjual untuk menunjukkan dokumen mobil mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen lainnya.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas. Dengan melakukan tips diatas mungkin anda membeli mobil bekas sesuai dengan keinginan anda.