Toyota Voxy 2017, Nissan Serena atau Mitsubishi Delica?

By | 21 September 2017

Mitsubishi Delica memiliki tampilan yang paling unik. Mobil ini memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding kedua kompetitornya, 190 mm. Toyota Voxy dilengkapi dengan ground ground 165 mm, dan Nissan Serena yang paling rendah, 160 mm. Hal ini membuat Delica lebih tangguh karena bisa dibawa ke medan yang lebih berat dari dua kompetitor lainnya.
Nissan Serena, keunikan ada di susunan bangku cadangan. Baris depan dan belakang bisa diatur menjadi tempat duduk yang menyatu atau terpisah. Ini didapat berkat pusat geser, kursi tengah seukuran sandaran lengan bisa digerakkan dari barisan depan ke belakang. Saat kursi ini ada di depan, jok tengah menjadi kursi kapten. Selain sandaran kursi dan lengan, perangkat ini bisa berupa meja kecil dengan laci dan dudukan cup.
LED-Toyota-Voxy-2017, -Nissan-Serena-Mitsubishi-Delica
Voxy dilengkapi dengan keunikan dalam disain. Di antara semua, menurut kami, Voxy 2017 memiliki tampilan paling kontemporer. Sosoknya tegas dengan kisi-kisi besar dan susunan lampu yang ditumpuk di bagian depan. Hanya Voxy yang dilengkapi dengan paket aero dan membuatnya terlihat pas untuk mereka yang masih muda.
Mesin & Transmisi
Di bagian MPV Toyota ini yang paling unggul berkat kekuatan terbesar di kelasnya. Dengan teknologi maju Valvematic, Voxy menghasilkan 152 PS.
KINERJA-Toyota-Voxy-2017, -Nissan-Serena-Mitsubishi-Delica
Delica berada di urutan kedua dengan 150 PS berkat mesin empat silinder yang dipicu oleh teknologi MIVEC. Sementara penguasa pasar, Nissan Serena bertengger di posisi ketiga dengan 147 PS.
Ketiga mobil ini didukung transmisi CVT yang menjamin kelancaran berkendara. Kompensasi, tentu saja, pecahnya energi yang terasa diredam. Percepatannya lambat. Tapi yang terakhir pastinya bukan yang terpenting bagi mobil keluarga.
fitur
Membandingkan fitur di ketiga mobil ini memang sulit. Ketiganya memiliki fitur serupa. Sebut saja pintu geser listrik, tombol start-stop (di Delica Royal sebuah knop), AC dengan double blower dan sebagainya. Konfigurasi kursi sama fleksibelnya, meski tidak ada yang unik seperti Serena.
Unggulan-Toyota-Voxy-2017, -Nissan-Serena-Mitsubishi-Delica
Yang membedakan desain dasbor Delica yang masih banyak terlihat lebih tua dari pada yang lain. Soal penataan kancing, juara Voxy, desainer interior Toyota mengumpukan semua tombol formasi formasi dalam formasi AC yang mudah dijangkau.
Tapi soal setting setir, lihat Nissan Serena. Selain mudah dibaca, juga mudah dioperasikan. Kendali cruise control, misalnya. Semua terpampang di roda kemudi, bukan tuas di balik roda yang sulit dilihat. Padahal, Serena juga satu-satunya di kelas yang memiliki atap panorama yang besar,
Mitsubishi Delica, satu-satunya di kelas ini yang diberi shifter dayung di belakang kemudi untuk secara manual menggerakkan roda gigi. Voxy juga memiliki fitur ini. Cara memindahkan tuas transmisi ke atas atau ke bawah.
Delica juga sudah memiliki cruise control seperti lawannya. Aksesnya sama, dari kemudi. Tapi ada satu fitur unggulan, hanya Delica yang memiliki Auto Stop & Go (ASG). Fitur ini siap dimatikan dan menghidupkan mesin otomatis saat berhenti di lampu merah atau kemacetan. Akibatnya, konsumsi bahan bakar bisa dihemat.
Mana yang benar?
Sulit diputuskan. Fitur dan kemampuannya tidak terlalu jauh berbeda dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Nissan Serena mungkin sudah terlalu lama modelnya tidak berubah, apalagi Mitsubishi Delica.
Tapi keputusannya ada di tangan Anda. Harga ketiga mobil ini jelas berbeda. Jika hal baru yang Anda cari, Voxy bisa dipilih. Jika menginginkan model yang kaya fitur, Serena memang atraktif. Apalagi jika Anda memiliki keinginan untuk berpetualang, maka Mitsubishi Delica adalah pilihan tepat.