Cara Meditasi Yang Benar Menurut Buddha

Cara Meditasi Yang Benar Menurut Buddha. Sikap duduk selama meditasi harus selalu waspada agar tidak lekas mengantuk. Dalam ajaran buddha, meditasi diperuntukkan agar manusia memahami dari mana ia berasal dan nantinya, manusia akan mengerti bahwa hidup di dunia harus apa adanya sesuai hakekat.

Cara Meditasi Yang Benar Menurut Buddha Belajar di Rumah
Cara Meditasi Yang Benar Menurut Buddha Belajar di Rumah from belajardirumahs.blogspot.com

Lakukan meditasi setiap hari secara teratur. Sammā vāyāma (usaha benar) dalam melakukan meditasi sangat diperlukan, karena dapat mengkondisikan munculnya mental baik untuk tetap tinggal didalam diri kita. Pilihlah posisi ternyaman bagi anda dan pastikan anda dapat berkonsentrasi penuh.

Oleh Sebab Itu Dalam Pengertiannya Teori Samādhi Bertujuan Untuk Pelaksanaan Dari Konsentrasi Benar (Sammā Samādhi).

Pokok meditasi menurut ajaran sang maha buddha, ada 40 mata pokok meditasi yang diperuntukkan bekerjanya pikiran dalam membangun ketenangan melalui jhana (pencerapan). Setelah melakukan ini 84 ciri dan tanda alami akan segera muncul didepan mata mereka. Karena meditasi jalan sangat penting maka perlu didiskusikan lebih jauh.

Pilihlah Posisi Ternyaman Bagi Anda Dan Pastikan Anda Dapat Berkonsentrasi Penuh.

Buddhaghosa menyarankan bahwa, untuk tujuan mengembangkan konsentrasi dan “kesadaran”, seseorang harus “menangkap satu di antara empat puluh subjek meditasi yang sesuai dengan temperamennya sendiri” dengan saran dari seorang “teman baik” ( kalyana mitta) yang berpengetahuan luas dalam berbagai subyek meditasi yang berbeda (bab iii, § 28). Seperti yang dibahas oleh bhikkhu khemandaro dalam buku melangkah di jalan dhamma, bersumber dari kitab suci anguttara nikaya ( v, 148 ),buddha menjelaskan bahwa ada 5 hal bagaimana cara memberikan dana. Dengan akhir pandangan seperti itu, beliau menyelusuri kedalaman batinnya untuk mencari cara meditasi yang dapat memberi ketenangan mutlak, penerangan dan kebebasan.

Sebaiknya, Ambillah Sikap Duduk Yang Paling Enak Dan Paling Mudah.

Sammā vāyāma (usaha benar) dalam melakukan meditasi sangat diperlukan, karena dapat mengkondisikan munculnya mental baik untuk tetap tinggal didalam diri kita. Meditasi bukanlah semacam cara untuk melarikan diri dari kenyataan menuju fantasi atau khayalan. Bapak/ibu/saudara/i sekalian, marilah kita duduk dalam posisi yang nyaman.

Ini Dia Cara Melakukan Meditasi Jalan Dalam Agama Buddha.

Orang yang keras lobhanya melaksanakan sesuatu berdasarkan lobha, cenderung ke arah kecantikan & keindahan, kagum melihat suatu kebajikan walaupun kecil sekali, mudah melupakan kesalahan orang lain, cerdik, sombong, berambisi. Cara meditasi yang benar untuk pemula || teknik meditasi agama buddhadalam ajaran agama buddha mengenal 2 jenis meditasi yaitu samatha bhavana dan vipassana. Tidak harus dilakukan di ruang khusus, meditasi dapat dilakukan saat anda menunggu bus dalam perjalanan pulang kantor misalnya.

Kalau Anda Seorang Yang Selalu Ketagihan Minuman Keras / Sesuatu Yang Memabukkan, Dengan Bermeditasi Anda Dapat Menyadari Dan Melihat Cara Mengatasi Kebiasaan Yang Berbahaya Itu.

Mulailah merasakan dada dan ucapkan dalam hati “semoga semua hidup berbahagia” sebanyak tiga kali. Duduklah dengan santai, jangan bersandar, punggung harus tegak lurus namun tidak kaku atau tegang, badan harus lurus dan seimbang, leher tegak lurus, mulut dan mata tertutup. Dalam ajaran buddha, meditasi diperuntukkan agar manusia memahami dari mana ia berasal dan nantinya, manusia akan mengerti bahwa hidup di dunia harus apa adanya sesuai hakekat.